Contoh aplikasi, analisis pemanfaatan, dan kekurangan serta kelebihan New Media

Contoh aplikasi, analisis pemanfaatan, kekurangan dan kelebihan New Media

  • E-Learning ( Pendidikan ) :

Penggunaan e-learning seperti motivasi tetap menggunakan dalam kegiatan sehari-hari (seperti mengerjakan tugas, download materi pembelajaran, tes on-line dan lain-lain), penambahan software pendukung (seperti search engine, blog, dan lain-lain), maupun memotivasi ke pengguna lain ( agar mau menggunakan e-learning) sangat dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan dan manfaat yang akan didapatnya. Kecenderungan perilaku untuk tetap menggunakan suatu teknologi dinyatakan oleh Davis F.D. (1989) dalam Fathul Wahid (2007).

 

Kelebihan e-Learning.

Dalam bentuk beragam, e-Learning menawarkan sejumlah besar keuntungan yang tidak ternilai untuk pengajar dan pelajar.

  1. Pengalaman pribadi dalam belajar : pilihan untuk mandiri dalam belajar menjadikan siswa untuk berusaha melangkah maju, memilih sendiri peralatan yang digunakan untuk penyampaian belajar mengajar, mengumpulkan bahan-bahan sesuai dengan kebutuhan.
  2. Mengurangi biaya : lembaga penyelenggara e-Learning dapat mengurangi bahkan menghilangkan biaya perjalanan untuk pelatihan, menghilangkan biaya pembangunan sebuah kelas dan mengurangi waktu yang dihabiskan oleh pelajar untuk pergi ke sekolah.
  3. Mudah dicapai: pemakai dapat dengan mudah menggunakan aplikasi e-Learning dimanapun juga selama mereka terhubung ke internet. e-Learning dapat dicapai oleh para pemakai dan para pelajar tanpa dibatasi oleh jarak, tempat dan waktu. Kemampuan bertanggung jawab : Kenaikan tingkat, pengujian, penilaian, dan pengesahan dapat diikuti secara otomatis sehingga semua peserta (pelajar, pengembang dan pemilik) dapat bertanggung jawab terhadap kewajiban mereka masing- masing di dalam proses belajar mengajar.

 

Kekurangan e-Learning.

Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh pemanfaatan e-Learning:

  1. Kurangnya interaksi antara pengajar dan pelajar atau bahkan antar pelajar itu sendiri. Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar mengajar.Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis/komersial.
  2. Proses belajar mengajar cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan. c)
  3. Berubahnya peran pengajar dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT (Information, Communication and Technology). Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet ( mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon ataupun komputer).
  4. Kurangnya mereka yang mengetahui dan memiliki keterampilan tentang internet.
  5. Kurangnya penguasaan bahasa komputer.

 

  • Jejaring Sosial :

Dalam aplikasi jejaring sosial, kemampuan beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang lain, baik kerabat dekat ataupun orang asing. Sehingga, saat seseorang bersosialisasi dengan orang asing, maka perluasan jaringan pertemanan pun terjadi, walaupun tidak pernah bertemu sebelumnya. Dan ketika minat dari mereka sama, komunitas pun dapat dibangun untuk mengeksplor hal-hal yang mereka minati. Kepedulian merupakan salah satu sifat yang seharusnya terdapat dalam bersosialisasi. Pada jejaring sosial, orang yang menggunakannya bisa lebih peduli kepada orang lain.

 

Kelebihan jejaring sosial :

 

  1. Bisa menjalin silaturahmi sesama teman kita dimana saja tanpa harus bertatap muka
  2. Bisa mendapatkan banyak teman dari mana saja
  3. Terkadang dengan jejaring sosial, kita bisa bertemu dengan teman lama yang sudah lama tidak bertemu.
  4. Kita bisa menambah ilmu pengetahuan, misalnya (kita bisa mendesign – design layout dari jejaring sosial kita atau bisa membuat aplikasi dan kemudian di share ke teman-teman kalian lewat jejaring sosial).
  5. Lebih cepat mendapatkan informasi
  6. Dapat di gunakan ajang promosi bagi band-band atau artis dalam memprosikan album atau film mereka.

 

 

Kekurangan jejaring sosial :

 

  1. Sering di salah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak benar untuk melakukan tindakan kriminal.(misalnya : di gunakan untuk ajang penipuan berkedok pertemanan , kemudian setelah sudah terjebak hasutan pelaku, orang tersebut bisa dijadikan bahan untuk human trafficking.
  2. Banyak sekali account account palsu yang mengaku dirinya seorang artis. Dan terkadang itu bisa di jadikan salah satu objek perusakan nama baik seseorang.
  3. Terkadang jejaring sosial sering menyebabkan virus-virus yang dapat merusak komputer.

Leave a comment